Tuesday, March 31, 2009

Perlengkapan Outing dan Cara Packing

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum bepergian ke alam bebas (hiking, camping, caving, dll) yaitu perlengkapan yang harus di bawa dan cara packing.

PerlengkapanPerlengkapan Individu
Perlengkapan individu merupakan barang-barang yang dibawa untuk memenuhi kebutuhan pribadi tanpa mengandalkan orang lain
1. Sepatu (kuat, lentur, aman/safety, nyaman, anti selip) dan kaos kaki (cukup tebal, kuat, nyaman, terbuat dari wol atau sintetis)
2. Pakaian lapangan (nyaman, tahan lama, cepat kering, melindungi tubuh dari berbagai kondisi lingkungan, terbuat dari polyester atau polypropilena atau memenuhi syarat 3 W (wicking, warmth, water/wind proofing)
3. Tas/Ransel (kokoh, bahan kuat, tahan air dan mempunyai sabuk pinggang untuk mengurangi goyangan ransel)
4. Ponco/jas hujan/rain coat
5. Perlengkapan tidur (bersih, kering, hangat, dan nyaman) terdiri dari pakaian tidur, matras, kantong tidur/sleeping bag, dan jaket/sweater.
6. Perlengkapan mandi (handuk, sabun mandi, pasta gigi, sikat gigi, dan shampo)
7. Air minum dan makanan (kualitas dan kuantitas mencukupi)
8. Alat navigasi (kompas, peta, altimeter, dan GPS)
9. Alat tulis (ballpoint, buku, dan pensil)
10. Perlengkapan penunjang (menunjang kegiatan yang akan diikuti seperti handy talkie, ponsel, pelindung pacet, kelambu, dan lainnya)
11. Survival kit yang terdiri dari pisau serbaguna, alat pancing, jarum jahit, benang, tali jerat, gunting, cermin, peluit, kompas, ketapel, karet, lup, peniti, korek api dalam kemasan kedap air, makanan berkalori tinggi, senter, obat-obatan, radio komunikasi, dan lain-lain.




Perlengkapan Kelompok
Perlengkapan kelompok terdiri dari barang yang memenuhi kebutuhan kelompok seperti tenda, P3K, alat masak dan makan, golok, dan tali.

Perlengkapan Teknis
Perlengkapan teknis adalah perlengkapan yang digunakan untuk beraktivitas di alam bebas, tergantung jenis dan tujuan kegiatan. Perlengkapan kegiatan hiking berbeda dengan kegiatan caving, begitu juga dengan kegiatan lainnya.

Packing
Packing adalah pengepakan barang-barang yang sudah terdata dan pasti akan dimasukkan ke dalam ransel. Cara ini akan memudahkan pengambilan barang saat diperlukan, membagi titik berat pada ransel dan menjaga keseimbangan ransel sehingga tidak terlalu berat ketika dibawa. Caranya adalah, menempatkan barang yang berat di bagian atas dan diposisikan sedekat mungkin dengan tubuh, menempatkan barang yang penting dan sering digunakan pada tempat yang mudah dijangkau, serta mengelompokkan barang-barang dan melindunginya dengan plastik (trash bag). Penempatan dilakukan dengan menggunakan ruang ransel seefisien mungkin. Pembuatan checklist sebagai prosedur umum juga berefek pada peningkatan kepercayaan diri para petualang.

disadur dari sini

1 comment:

  1. Review: Gambling Site For Your Android and iOS Devices
    Gambling is an interesting activity online in which a gambling platform is offered to you by the luckyclub.live internet and your browser does not support HTML5 video cards,

    ReplyDelete